Inilah Asal Usul Emas dan Platina di Bumi

Para ilmuwan berhasil menemukan asal usul semua bijih emas dan platina yang ada di Bumi. Tak disangka, logam mulia itu merupakan ‘hadiah’ dari luar angkasa.

https://i2.wp.com/static.inilah.com/data/berita/foto/1772557.jpg

Logam mulia tersebut berasal dari luar angkasa setelah hujan meteor mengantam Bumi lebih dari empat miliar tahun silam. Peneliti juga menemukan, emas dan platina yang ada di inti Bumi cukup digunakan untuk melapisi planet hunian manusia ini setebal empat meter.

Deposit raksasa emas ini muncul selama pembentukan Bumi ketika besi meleleh di inti planet dan membawa logam mulia turut serta ke dalamnya. Hujan meteor 200 juta tahun silam membawa 20 miliar ton materi meteor yang berisi emas dan platina ke Bumi.

Pemimpin riset Dr Matthias Willbold dan Profesor Tim Elliott dari University of Bristol menemukan, sampel batu dari Greenland ternyata memiliki rasio isotop tungsten 182W yang lebih tinggi dari batu modern. Artinya, batu modern berasal dari hujan meteor dan membuktikan deposit emas dan platina berasal dari luar angkasa.

“Hasil riset kami menunjukkan, kebanyakan logam mulia ditambahkan ke Bumi secara kebetulan oleh materi asteroid,” ujar Willbold seperti dikutip Dailymail.

Hasil riset ini diterbitkan di Nature.

source

3 pemikiran pada “Inilah Asal Usul Emas dan Platina di Bumi

  1. Mengapa penyebaran kandungan emas di bumi tdk merata. Ngeblok2 gtu prof. Bgmana ciri permukaan tanah yg di dalamnya mengandung emas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s